Bacaan Niat Sholat Tarawih Lengkap Beserta Latin Dan Terjemahnya

Niat Sholat Tarawih-Sholat Tarawih merupakan sholat yang dikerjakan pada saat bulan Ramadhan, Hukum dari sholat Tarawih ialah Sunah Muakad ialah sholat sunah yang sangat di anjurkan. Sholat Tarawih mampu di kerjakan secara berjamaah maupun secara munfarid (sendiri). Kemudian waktu untuk mengerjakan sholat Tarawih ialah sesudah sholat Isya sampai terbit fajar.

Jumlah rakaat sholat Tarawih yang biasa dikerjakan oleh rasulullah Saw, ialah delapan rakaat, akan tetapi Umar Bin Khattab mengerjakan sholat Tarawih sampai dua puluh rakaat. amalan teman Umar bin Khattab ini di sepakati para ulama. berikut ini ialah hadist perihal anjuran mengerjakan sholat tarawih.


Jumlah rakaat sholat tarawih itu memang banyak perbedaanya diantara ada yang memberikan 8 rakaat ditambah sholat witir 3 rakaat jadi jumlahnya 11 rakaat, ada pula yang memberikan 20 rakaat ditambah dengan 3 rakaat sholat witir jadi 23 (dua puluh tiga) rakaat. Untuk menambah semangat kita dalam mengerjakan sholat tarawih berikut ini ialah hadist perihal keutamaan sholat Tarawih.

عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ رَضِىَ اللهُ عَنْهُ قَالَ:قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيْمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ .رواه الترمذى
Artinya:
"Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda" barang siapa beribadah di malam hari bulan Ramadhan atas dasar keimanan yang baik serta mengharap ridha Allah akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (H.R Tirmizi)

Cara mengerjakan sholat Tarawih boleh setiap dua rakaat salam  atau setiap empat rakaat salam tanpa tahiyat awal, untuk gerakan dan bacaanya sama mirip pada sholat fardhu yang berbeda hanya niat.

Berikut Ini ialah lafadz niat sholat tarawih yang dikerjakan secara berjamaah baik menjadi makmum maupun sebagai imam serta niat sholat tarawih yang dikerjakan sendiri (munfarid).

Niat Sholat Tarawih Sebagai Makmum

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli Sunnatat-taraawiihi rok'ataini mustaqbilal qiblati ma'muuman lillaahi ta'alaa
Artinya:
"Saya niat sholat sunnah Tarawih dua rakaat menghadap kiblat sebagai makmum sebab ialah Allah Ta'ala"

Niat sholat Tarawih Sebagai Imam

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ إِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli Sunnatat-taraawiihi rok'ataini mustaqbilal qiblati imaaman lillaahi ta'alaa
Artinya:
"Saya niat sholat sunnah Tarawih dua rakaat menghadap kiblat sebagai imam sebab ialah Allah Ta'ala"

Niat Sholat Tarawih Yang Dikerjakan Sendiri (Munfarid)

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Usholli Sunnatat-taraawiihi rok'ataini mustaqbilal qiblati lillaahi ta'alaa
Artinya:
"Saya niat sholat sunnah Tarawih dua rakaat menghadap kiblat sebab ialah Allah Ta'ala"

Itulah lafadz niat sholat tarawih beserta latin dan terjemahnya, yang dibaca sebagai makmum, imam, maupun niat sholat tarawih yang dikerjakan sendiri (munfarid),semoga dengan sholat tarawih yang kita kerjakan mampu menambah amal ibadah kita kepada Allah Swt, terutama di bulan Ramadhan yang penuh limpahan rahmat dan ampunan dari Allah Swt, mendapatkan ampunan dari dosa-dosa yang telah lalu, dijauhkan dari dari segala keburukan dan juga meningkatkan kepercayaan dan takwa kita kepada Allah Swt.

Sumber https://doapendekmustajab.blogspot.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel